Share

14 Januari 2013

Cara Defrag Disk Dalam Perangkat Komputer / Disk Defragmenter


Unknown | 19.05 |

Haloo sobat bloggers.. Gimana ni kabarnya, pasti semua dalam keadan sehat kan..Ukey, semoga kita selalu di beri kesehatan..
Hemm ngomong² saya udah lama gak posting ni. Dikarenakan repot urusan memperkosa hp aja tiap hari (sok playboy) hahahaa. Tapai mau gimana lagi, memang itu adalah kerjaan utamaku, servis hp..Xixixixixixii.
Okey, gak usah berpanjang lebar, langsung pada inti aja. Dalam kesempatan kali ini saya akan posting tentang apa yaaaa …??? Lebay deh..wkwkwkwkk.
Saya akan posting Tentang Bagaimana Cara Mendefragmenter Disk atau Disk Defragmenter atau juga Defrag Disk Perangkat Komputer / Laptop.. Sama aja yaa sob walau kata²nya di bolak balik...Kurang kerjaan… Gubrak.
Perlu kita tahu dulu, apakah fungsi dari defrag itu, tapi pastinya para sobat udah tahu semuanya. Karena tiap hari juga selalu melototin dan berjelajah di komputer/laptop.
Tapi bagi yang pemula, perlu diketahui. Defrag adalah sebuah aplikasi bawaan windows yang berguna untuk menutup sebuah data/file di drive/partici yang habis kita buka. Enaknya ngomong gitulah sob..Intinya sih, defrag itu buat meringankan loading waktu kita mau buka² file di perangkat. Masalahnya, misalkan kita habis membuka sebuah file yang ada dalam perangkat,Trus kita close dan walau kita sudah close pasti file² itu masih ada yang belum menutup dengan sempurna. Atau bisa juga yang membuat lemot itu adalah file bekas kita membuka tadi. Maksudya kalau kita habis membuka sebuah file, pasti meninggalkan bekas. Dan file bekas kita membuka itu masuk ke menu Prefetch. Sehingga bisa menimbulkan subuah Space baru di dalam disk. Naa Space itulah yang menyebabkan kadang² agak menjadi lemot waktu kita akan membuka sebuah file di dalam perangkat.. Tapi kalu space di drive/partici C itu memang udah bawaan. Jadi kita tidak bisa menutupnya.. Yaaa karna takdirnya memang udah gitu.. wkwkwkwkwkk.
Okey, langsung saja.. Begini niii sob langkah² untuk Mendefrag Disk. Cekidat, Ehh Cekidot maksudnya.
  1. Klik kiri pada menu START di taskbar.
  2. Klik kiri lagi pada menu All Progams.
  3. Setelah itu sobat cari menu Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter.
  4. Setalah ketemu menu Disk Defragmenter, terus Klik kiri. Dan tampilannya seperti gambar di bawah... hemmm lebih enaknya, langkah² di atas, bisa sobat lihat seperti gambar dibawah ini.


Langkah ke 6,sobat silakan pilih drive yang akan sobat defrag..( Saran saya sih semuanya aja drive yang di
defrag. Tapi caranya harus satu persatu ya sob..
Selanjutnya langkah ke 7, setelah sobat memilih drive, silakan sobat klik Analyze.
Setelah sobat klik Analyze, akan ada pemberitahuan kalau Analyze sudah complit..
Langkah ke 8, pada kolom pemberitahuan itu, sobat klik View Report
Ini ni contohnya, seperti di bawah ini.


Setelah sobat klik View Report, sobat akan tahu, manakah yang akan kita defrag itu..Buka gambar di bawah ini,. Naaa yang saya blog warna merah transperent itulah file yang di defrag.
Untuk langkah ke 9, silakan sobat klik Defragment.


Setelah sobat klik Defragment, maka proses defrag akan berjalan.
Perlu sobat perhatikan. pada waktu proses defrag berjalan, akan ada garis berwarna merah. na garis berwarna merah itulah yang pelu dihilangkan.Tapi maaf, pada contoh gambar di bawah ini, proses defrag sudah aku ulang berapa kali, makanya garis yang berwarna merah yang seharusnya ada di barisan kolom yang bergaris putih,biru dah hijau itu sudah tidak ada.


Kalu proses defrag sudah cukup, akan ada pembaritahuan lagi.Disini sobat terserah, mau klik View Report atau Close, terserah sobat. Kalu sobat klik View Report, akan tampil seperti gambar nomor 9 tadi,di tampilan ini,file yang ada didalam bagian kolom yang saya blok merah transperent itu sudah tidak ada, karena sobat sudah defrag.


Naa kalau sobat klik Close, maka tampilannya akan seperti ini.


Perhatian ;
Untuk kesempurnaan defrag, sobat perhatikan kolom yang ada warna biru bargaris putih dan hijau itu. Untuk garis berwana putih dan hijau yang ada pada kolom bawah, usahakan sejajar dengan garis yang ada dalam kolom di atasnya.. Intinya sih usahakan teratur / sejajar antara kolom atas dan bawah.
Untuk mendapatkan kesejajaran itu, sobat perlu mengulang ulang proses defrag. Untuk pengulangan proses defrag, sobat cukup lakukan seperti langkah nomor 6,7,8,9.
Selanjutnya, kalau salah satu drive sudah berhasil, lakukan defrag berikutnya untuk drive lainnya yang ada di dalam perangkat sobat..
Heemmm sudah bisa kan sob untuk mendefrag disk, gampang kok asal sobat ikuti langkah langkah di atas..
Kalau sudah selesai mendefrag semua drive yang ada dalam perangkat sobat, untuk lebih menyempurnakan lagi, maka sobat silakan hapus berkas file bukaan kita / fil;e bekas kita membuka..
Gini no sob langkahnya.
Buka Xplore pada perangkat sobat.
Klik drive C / drive untuk penyimpanan windowsnya.
Gulir kebawah, cari folder WINDOWS >> Prefetch.
Naa di dalam folder Prefetch itulah file file berkas bekas kita membuka.. untuk langkahnya, sobat cukup menghapus file file itu saja.
Catatan ; sobat jangan menghapus sekalian sama foldernya yaa.. Hapus cuma isinya saja dari folder Perfetch..
Contohnya seperti gambar di bawah ini ni soob.



Mungkin Anda Juga Minat Untuk Membaca Ini :

Creatif By : Unknown ~ Tentang Apa Aja Dan Buat Siapa Aja ~ Lewat AMIGOS ™ ~

Terimah Kasih telah membaca artikel Cara Defrag Disk Dalam Perangkat Komputer / Disk Defragmenter..Yang ditulis oleh Unknown, Pada hari 14 Januari 2013..Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan Sumber Link Asli..Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih ..:: Salam Laskar Awan Putih ::..

..:: AMIGOS ™ ::..

fb Comment ; Klik buka untuk melihat komentar.

1 komentar:

jibek mengatakan... Reply To This Comment

cek

Posting Komentar

POST A COMMENT
> Silakan sobat berkomentar dengan sopan.
> Berkomentarlah atau berupa kritik dan saran sesuai dengan artikel.
> Jangan berkomentar dengan berbau SARA,SPAM&PORNO.
> Jangan juga menyertakan IKLAN,PROMOSI atau LINK.
> Setiap komentar yang masuk,sebisa mungkin akan saya reply.
> Sobat Follow Blog saya, Saya juga akan Follback
> Terimakasih telah mengunjungi Blog AMIGOS ™.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More