Share

27 Desember 2012

Budaya Lebaran Ketupat | Trenggalek


Unknown | 06.34 | ,

Lebaran ketupat, merupakan bagian dari Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan umat Muslim setiap tahunnya. Pada dasarnya, Idul Fitri memang identik dengan ketupat yang langsung disantap saat itu juga pada jamuan makan untuktamu, tetapi pada beberapa daerah, khususnya Jawa Timur, Lebaran Ketupat jatuh pada satu minggu setelah hari raya Idul Fitri.

Layaknya lebaran Ketupat, pasti pemeran utamanya adalah adanya Ketupat yang di setiap rumah sebagai menu utama, bersama dengan lauk pauk yang kaya akan bumbu seperti opor dan rendang. Ketupat itupun biasanya di bagikan sebagai hantaran ke kerabat atau tetangga terdekat. Lalu apa yang istimewa dengan tradisi lebaran ketupan di Trenggalek?

Tepatnya berpusat di desa Durenan, kecamatan Durenanm Trenggalek, hari raya ketupat yang jatuh pada tanggal 8 Syawal tahun Hijriah selalu meriah. Setiap warga membuka lebar pintu mereka dan akan terdengar alunan musik dari masing-masing stereo pemiliki rumah sebagai isyarat kepada para pengguna jalan untuk masuk ke rumah mereka.

Tidak akan ada basa-basi lagi, kecuali kalimat, "silakan menikmati hidangan ketupat," yang keluar dari mulut sang tuan rumah. Mau berbincang-bincang atau pamit ke rumah sebelah untuk menikmati ketupat sayur lainnyapun, tuan rumah tidak merasa tersinggung. Kenal atau tidak dengan tuan rumah, setiap orang bebas masuk untuk menikmati hidangan ketupat di setiap rumah, dilengkapi sayur nangka muda, kacang panjang, opor ayam, telur puyuh goreng, dan kerupuk atau "rempeyek"


Mungkin Anda Juga Minat Untuk Membaca Ini :

Creatif By : Unknown ~ Tentang Apa Aja Dan Buat Siapa Aja ~ Lewat AMIGOS ™ ~

Terimah Kasih telah membaca artikel Budaya Lebaran Ketupat | Trenggalek..Yang ditulis oleh Unknown, Pada hari 27 Desember 2012..Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan Sumber Link Asli..Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih ..:: Salam Laskar Awan Putih ::..

..:: AMIGOS ™ ::..

fb Comment ; Klik buka untuk melihat komentar.

1 komentar:

Media Kalteng mengatakan... Reply To This Comment

Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral tentang Hobby jadi Bisnis trus minum Kopi Terbaik sambil simak Media Kalteng baca tentang Paid Promote untuk Jual Akik Gambar buat modal usaha sablon kaos

Posting Komentar

POST A COMMENT
> Silakan sobat berkomentar dengan sopan.
> Berkomentarlah atau berupa kritik dan saran sesuai dengan artikel.
> Jangan berkomentar dengan berbau SARA,SPAM&PORNO.
> Jangan juga menyertakan IKLAN,PROMOSI atau LINK.
> Setiap komentar yang masuk,sebisa mungkin akan saya reply.
> Sobat Follow Blog saya, Saya juga akan Follback
> Terimakasih telah mengunjungi Blog AMIGOS ™.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More