Share

27 Desember 2012

Budaya Tiban | Trenggalek


Unknown | 06.25 | ,

Tari Tiban atau lebih tepatnya ritual Tiban merupakan tari atau ritual rakyat yang turun temurun menjadi bagian kebudayaan masyarakat Trenggalek. Tari Tiban selalu dipertujukkan saat musim kemarau yang berkepanjangan dengan tujuan sebagai permohonan diturunkannya hujan.

Tari Tiban terbagi menjadi 2 kelompok, masing-masing dipimpin 1 orang wasit atau biasa disebut Landang atau Plandang. Dalam ritual ini selalu diiringi dengan alunan musik layaknya gamelan lengkap yang terdiri dari kendang, kentongan, dan gambang laras.

Ritual ini cenderung ritual layaknya ajang mengadu ilmu ketrampilan atau kesaktian sambil menari-nari dan saling mencambuk dengan hitungan yang ditentukan oleh Landang. Cambuk yang digunakan dalam tari ini terbuat dari lidi pohon aren yang biasa di sebut ujung.
Permainan ini akan berlanjut sampai sore hari, dan bagi yang mereka yang merasa tidak sanggup melanjutkan akan digantikan oleh anggota kelompok berikutnya.

Tarian tiban adalah sebuah permintaan permohonan kepada yang maha kuasa berharap untuk diturunkanya hujan.Ada makna dalam dibalik ritual tarian tiban yaitu sebuah harapan sebuah pesan yang luhur demi lestarinya alam. Bukanlah kekerasan yang ditonjolkan melainkan nilai-nilai luhur atau sebuah pesan untuk menjaga keseimbangan alam.


Mungkin Anda Juga Minat Untuk Membaca Ini :

Creatif By : Unknown ~ Tentang Apa Aja Dan Buat Siapa Aja ~ Lewat AMIGOS ™ ~

Terimah Kasih telah membaca artikel Budaya Tiban | Trenggalek..Yang ditulis oleh Unknown, Pada hari 27 Desember 2012..Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan Sumber Link Asli..Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih ..:: Salam Laskar Awan Putih ::..

..:: AMIGOS ™ ::..

fb Comment ; Klik buka untuk melihat komentar.

1 komentar:

agen bola mengatakan... Reply To This Comment

Great Article. You seem to have a good understanding about it. When I enterd your blog, I felt this. Come on and keep writing your blog will be more attractive. To Your Success!

Posting Komentar

POST A COMMENT
> Silakan sobat berkomentar dengan sopan.
> Berkomentarlah atau berupa kritik dan saran sesuai dengan artikel.
> Jangan berkomentar dengan berbau SARA,SPAM&PORNO.
> Jangan juga menyertakan IKLAN,PROMOSI atau LINK.
> Setiap komentar yang masuk,sebisa mungkin akan saya reply.
> Sobat Follow Blog saya, Saya juga akan Follback
> Terimakasih telah mengunjungi Blog AMIGOS ™.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More